Cara Update Driver VGA Intel HD Graphics Pada Laptop Merk Apapun Dengan OS Windows 10

Dua hari yang lalu Seorang pengunjung mykiodriver.net bertanya kepada saya via email tentang bagaimana cara yang paling mudah melakukan update driver vga Intel HD graphics untuk laptop Acer yang dia gunakan.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa dia pernah mencoba program update driver otomatis yaitu Driver Max.

Alasan menggunakan driver Max karena driver dari CD driver tidak dapat digunakan, soalnya sudah upgrade OS ke Windows 10.

Sayangnya, program tersebut perhari hanya dapat melakukan update pada dua hardware saja, jika ingin lebih dari dua hardware, harus beli lisensi.

Merasa kecewa, akhirnya dia hapus itu program dan mengirimkan email kepada saya.
Sebenarnya saya telah membalas email tersebut dan memberikan beberapa tips, namun saya masih kefikiran karena jawaban yang saya berikan kurang lengkap (maklum via email)

Untuk itu saya membuat artikel panduan ini dengan harapan dapat memberikan penjelasan tentang bagaimana cara menjalankan update driver vga intel pada laptop.

Tidak hanya untuk laptop dengan merk Acer seperti pada kasus laptop salah seorang pembaca tadi, tapi bisa juga digunakan untuk semua merk laptop asalkan menggunakan pengolah grafis dari intel.

Sebelum membahas topic utama, saya perlu meluruskan satu hal terlebih dahulu..

Intel HD Graphics
Intel HD Graphics Sumber Gambar : flickr.com

Apakah memang perlu  melakukan update driver vga secara rutin setiap kali intel merilis driver terbaru ?

Jawabanya bisa ya dan bisa juga tidak, tergantung kondisi :
  • Kondisi Pertama - Jika saat ini laptop anda telah terpasang driver vga intel, dan tidak ada masalah pada tampilan gambar laptop, sebaiknya tidak perlu untuk menjalankan update.
  • Kondisi Kedua - apabila anda telah melakukan upgrade sistem operasi, misalnya dari Windows 7 ke Windows 10 dan belum menginstall driver VGA, update driver ke versi yang lebih baru sangat direkomendasikan.
Jika anda saat ini mengalami seperti kondisi kedua, simak penjelasan tentang beberapa cara yang bisa anda lalukan untuk update driver VGA Intel HD Graphics berikut ini

Cara Download Driver VGA Intel Terbaru Setelah Install Ulang Windows
Ada satu kesalahan yang sering dilakukan pengguna laptop pemula yaitu : saat membutuhkan driver terbaru  mencari drivernya dengan langsung mengetikkan Query pada mesin pencari seperti  “ Driver Intel Laptop XXX”.

Sebenarnya sih tidak salah, tetapi kurang tepat. Karena jika menggunakan cara tersebut ketemu drivernya lebih lama, belum diajak muter-muter dulu, klik link nunggu 5 detik, diminta download program khusus dll.

Padahal kalau tahu caranya, sepuluh menit drivernya sudah selesai didownload tanpa error dan tanpa ribet.

Bagaimana caranya ?
  1. Menggunakan Device Manager
  2. Melakukan Scan dan Download Driver Otomatis via Intel Driver Update Utility
  3. Update Driver  Secara Manual
A. Cara Update Driver VGA Intel via Device Manager Windows
Sebelum membahas ketiga cara tersebut, pastikan laptop tersambung dengan jaringan internet yang stabil dan lumayan cepat biar tidak capek nunggu pas proses download berjalan.

Paket data juga harus cukup, minimal tersedia data internet 1GB, karena ukuran file driver bisa mencapai 100 MB.

Menggunakan Device Manager pada Windows sangat baik digunakan apabila menggunakan sistem operasi Windows 10.

Sedangkan generasi windows sebelumnya, biasanya tidak membuahkan hasil alias gagal. Untuk itu, bagi yang menggunakan selain Windows 10 ( Windows 7, 8 dan 8.1) dianjurkan menggunakan cara ke 2 dan 3.

A1. Buka Device Manager Windows dengan mengakses Control Panel \ System and Security \ System \ Device Manager (Menu Sebelah Kiri)
  1. Klik tanda panah pada Logo Display Adapter sehingga akan tampil Adapter ( Driver) yang terpasang saat itu (biasanya sih akan tertera Microsoft Basic Display Adapter)
  2. Klik kanan Microsoft Basic Display Adapter lalu pilih Update Driver Software, akan muncul Wizard kemudian pilihlah opsi pertama yakni  “Search Automatically for Driver Software “
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses download dan install selsesai. Biasanya pada saat proses install, layar tiba-tiba blank dan resolusi berubah. Tidak perlu panik, karena itu menandakan sistem sedang membaca hardware VGA pada laptop.
  4. Apabila proses install selesai, cek dengan melakukan klik kanan pada desktop. Apabila ada control panel Intel diatas display setting itu artinya driver sudah up to date.
  5. Restart laptop untuk mengakhiri proses instalasi driver yang baru.

B. Menggunakan Program Intel Driver Update Utility
Anda mungkin akan bertanya, kalau sudah ada cara yang lebih mudah seperti cara pertama yang tidak perlu menggunakan program dan tidak perlu membuka browser, ngapain juga harus menggunakan intel driver update utility ?

Menggunakan device manager hanya bisa digunakan apabila laptop menjalankan sistem operasi windows 10, sedangkan saat saya coba pada Windows 7 dan dan 8 fitur ini tidak berguna samasekali.

Lagian cara ini tidakf ribet kok, cukup dengan download programnya yang memiliki ukuran 7 MB, double clik lalu jalankan proses  install, tunggu beberapa saat maka program akan melakukan proses scan, download dan install driver akan berlangsung secara otomatis.
 
 Tapi sebelumnya ada yang perlu saya informasikan, bahwa proses download tidak akan secepat proses download menggunakan download manager. Agak sedikit lebih lama seperti menggunakan Device Manager.

Satu hal lagi, menggunakan Device Manager dan Intel Driver Update Utility harus dijalankan pada laptop yang membutuhkan driver vga intel, tidak bisa diwakilkan.

Kalau anda kebetulan sedang diwarnet dan ingin mendapatkan driver terbaru untuk laptop yang ada dirumah kedua cara diatas tidak bisa digunakan.
Lalu, apa solusinya ?

C. Update Driver Secara Manual
Manual yang saya maksud adalah kita download terlebih dahulu installernya, lalu install secara manual.

Downloadnya dimana ?
 
Situs yang saya bisa rekomnedasikan pastinya Situs Resmi Produsen Laptop yang pastinya tersedia untuk sistem operasi yang didukung serta pastinya kompatibel.
 
Cara pertama sangat sederhana, karena kita cuma membutuhkan Tipe atau menggunakan SNID dari produk laptop yang anda gunakan.
 
Dengan SNID tersebut anda dapat dengan mudah mendownload driver yang anda butuhkan sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan.
 
Untuk mengetahui Tipe dan SNID, baca sticker yang ada pada bagian bawah laptop dan gunakan salah satu dari data tersebut untuk mendownload driver dari situs resmi.
 
 
Berikut link rujukan untuk mendownload driver dari situs resmi produsen laptop populer :
  1. Acer
  2. Asus
  3. Toshiba
  4. Lenovo
  5. HP
  6. Compaq
Selamat Mencoba dan jangan lupa Share jika bermanfaat

Yang Rada Mirip: