20 Tips Merawat Laptop Yang Baru Dibeli Agar Tetap Awet Bertahun Tahun


Bagaimana cara merawat laptop yang baru anda beli agar tetap awet digunakan selama bertahun-tahun ?. Bahkan, Ketika nanti anda membutuhkan dana lalu ingin menjualnya, harga jualnya masih tetap tinggi..?

Anda tertarik..?

Tanpa basa basi lagi, berikut ini mimin akan berikan 20 Tips Bagaimana Seharusnya Anda Merawat Laptop.

1.    Wajib Install Sistem Operasi Yang Direkomendasikan

Karena sebagian besar laptop yang dijual dipasaran masih kosongan (tidak memiliki system operasi), maka yang pertama kali harus anda lakukan adalah menginstall system operasi (OS).

System operasi bisa Windows, Linux, maupun OS X (Hackintosh). System operasi yang anda install tidak bisa sembarangan. Gunakan selalu OS yang direkomendasikan oleh sebagian besar Produsen Laptop yakni Windows.

Untuk laptop keluaran terbaru, system operasi yang direkomendasikan adalah windows 10. Tetapi perlu anda ingat OS Windows 10 ada dua versi yakni : versi 32 dan 64 bit.

Laptop yang  hanya memiliki 2 GB ram, dianjurkan untuk menjalankan windows 10 dengan arsitektur 32 bit. Sedangkan laptop dengan memory ram 4 GB keatas sebaiknya menggunakan windows versi 64 bit.

Baca Juga : Cara Mengetahui Laptop Bisa Install Windows 10 Atau Tidak

2.    Setting Bios Agar Laptop Booting Lebih Cepat

Pada saat laptop dihidupkan, defaultnya system akan membaca hardware seperti DVD drive terlebih dahulu. Agar booting laptop lebih cepat, aturlah agar hardware pertama yang dibaca oleh system adalah Hard Drive (HDD).

Caranya..?

Masuk kedalam BIOS lalu pada menu “Boot”, aturlah hdd sebagai first boot, baru kemudian dvd drive. Apabila ada opsi lain seperti boot from USB sebaiknya anda disable saja.

Baca Juga : Cara Masuk dan Setting BIOS Lenovo

3.    Install Driver Yang Kompatibel

Setelah install system operasi , agar dapat berfungsi secara optimal system membutuhkan driver hardware yang kompatibel. Biasanya disetiap pembelian laptop disertai juga dengan sebuah dvd driver.

Jika kebetulan tidak terdapat dvd installer, anda bisa download drivernya secara manual di situs resmi produsen laptop.

Yang membutuhkan driver terbaru, berikut adalah beberapa link menuju situs resmi dukungan driver untuk beberapa merk laptop :
4.    Download Aplikasi Dari Sumber Terpercaya

Selalu install aplikasi yang berasal dari sumber yang terpercaya (situs resmi). Untungnya, dengan kehadiran Windows 10 masalah aplikasi terselesaikan karena sekarang OS ini punya pasar aplikasi sendiri yakni Windows Store.

Seperti laiknya playstore android atau Appstorenya Apple, Windows store memiliki database aplikasi yang lengkap, baik itu aplikasi premium maupun gratisan, dan yang pasti aplikasi yang anda dapatkan dari Windows Store 100% dari virus maupun malware.

5.    Install Aplikasi Yang Diperlukan Saja

Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi jika aplikasi tersebut tidak benar-benar diperlukan. Selain membuat penuh ruang penyimpanan, aplikasi yang jarang digunakan juga memakan memori dan memperlambat kinerja laptop.

Baca Juga : 23 Aplikasi Terbaik Untuk Laptop Spek Rendah (Netbook)

6.    Lindungi Sistem Dengan Antivirus

Internet selain memudahkan transfer informasi juga membuat penyebaran perangkat lunak jahat semakin mudah. Untuk itu, OS dengan system operasi Windows wajib melindungi diri dengan memasang antivirus.

Saat ini ada sekitar 21 merk antivirus yang beredar dipasaran. Kalau anda bertanya mana yang lebih baik, jujur mimin tidak bisa memberi penilaian.

Tapi, menurut data hasil pengujian av-test.org, sebuah lembaga yang melakukan serangkaian ujicoba terhadap berbagai merk antivirus dipasaran.

Avast free Antivirus menjadi salah satu yang terbaik dari 20 merk antivirus lain.

Berikut adalah hasil pengujian terhadap 21 merk antivirus yang terahir kali dilakukan pada bulan Desember 2016. Data berikut dapat menjadi referensi anda memilih antivirus yang terbaik untuk menjaga keamanan laptop anda.



antivirus terbaik


7.    Rutin Update Windows dan Antivirus


System operasi windows bukanlah system operasi yang bebas dari bug yang dapat menjadi celah masuk malware guna menyerang system.

Untuk itu, Microsoft secara berkala memberikan update perangkat lunak untuk menambal lubang kemanan tersebut.

Tidak lupa pula, perbarui terus database antivirus anda agar virus dari perangkat USB seperti flashdisk dapat diatasi sebelum dapat menyerang system.

8.    Gunakan Pelindung Keyboard

Apa salah satu komponen laptop yang paling penting tapi mudah rusak ?..
Jawabannya keyboard…

Keybord merupakan sarana bagi kita untuk berinteraksi dengan system. Dengan keyboard kita bisa mengolah dokumen di Ms.Office, mengakses akun jejaring social dll.

Karena keyboard memiliki rongga disela dan dibawah tutsnya, membuat debu dan benda asing mudah sekali masuk kemudian menempel. Hal ini menyebabkan keyboard menjadi keras saat ditekan sehingga mengetik jadi tidak nyaman.

Untuk itu pasanglah pelindung keyboard agar debu dan benda asing tidak dapat masuk. Secara berkala bersihkan keyboard laptop anda. Bisa menggunakan kuas atau sikat gigi bekas untuk membersihkan rongga dan sela pada keyboard

9.    Bersihkan Tangan Sebelum Mengoperasikan Laptop

Setelah membersihkan catridge printer, andi kemudian kembali mencetak tugas kampus yang batal gara-gara printer macet.

Tanpa andi sadari, ternyata sisa tinta printer yang ia bersihkan tadi menempel di jari-jari tangannya. Apesnya, tinta tersebut telah mengotori body laptop Toshiba yang kebetulan . warnanya putih cerah. Meskti andi telah mencoba membersihkannya dengan tisyu tapi tinta tersebut sudah terlanjur kering dan merekat erat.

Untuk menghindari kondisi seperti diatas, sebelum menggunakan laptop pastikan selalu tangan anda dalam kondisi kering dan bersih.

10.    Jangan Makan, Minum Dan Merokok Saat Mengoperasikan Laptop

Mengoperasikan laptop sambil makan dan minum sangat tidak dianjurkan, karena kita tidak pernah tahu kapan kejadian apes dating. Bisa saja saja minuman atau makanan yang sedang anda nikmati tiba-tiba tumpah dan mengotori keyboard serta komponen penting dibagian dalam seperti CPU.

11.    Jauhkan Laptop Dari Jangkauan Anak-Anak

Masa anak-anak adalah masa dimana mereka penuh rasa ingin tahu. Melihat ayahnya sedang mengetik dengan laptop membuat mereka juga ingin mencobanya.

Sebagai seorang ayah yang baik, sedini mungkin memang perlu memberikan edukasi tentang perangkat computer kepada anak.

Namun segala aktifitas anak dengan laptop tersebut harus tetap dibawah pengawasan anda, jadinya saat si anak bertingkah aneh dan  mau membanting laptop, anda dengan cekatan mengamankannya.

12.    Jangan Membawa Laptop Saat Masih Standby

jangan membawa Laptop dalam keadaan standby karena akan mempengaruhi hard disk Anda. Membawa Laptop dalam keadaan standby akan merusak hard disk Anda.

Hal ini disebabkan karena piringan hard disk Anda masih berputar, mata hard disk tidak dalam posisi aman dan masih berada di atas piringan.

Posisi ini akan membuat piringan hard disk Anda baret dan dapat mengakibatkan kerusakan dan kehilangan data, Sumber.

13.    Letakkan Laptop Dipermukaan Yang Rata

Pada saat menggunakan laptop, sebaiknya letakkan pada permukaan yang rata dan menyerap serta menyalurkan panas dari laptop.

Jangan gunakan laptop diatas kasur, karena sudah sering kejadian laptop mengalami Overheat, penyebabnya adalah busa kasur hanya menyerap namun tidak menyalurkan hawa panas, sehingga panas laptop bisa mencapai dua kali lipat.

14.    Jangan Meletakkan Benda Diatas Laptop

Meletakkan benda berat diatas laptop karena dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop. Jika sudah rusak, biaya yang harus anda keluarkan untuk membeli LCD baru tidaklah murah, harganya berkisar 500 ribu hingga 1juta rupiah, Itu belum termasuk ongkos pasang lho..jadi hati-hati.

15.    Gunakan Laptop Pada Ruangan Yang Cukup Cahaya

Jika anda mendambakan mata anda selalu sehat dan tidak ingin penglihatan kabur akibat mata minus atau silinder, hentikan menggunakan laptop diruangan yang gelap.

Mengapa..?

Mongoperasikan laptop ditempat yang gelap menyebabkan radiasi dari layar laptop akan langsung menuju mata, bila terus dilakukan, penglihatan anda menjadi kabur sehingga membutuhkan kacamata, Sumber

16.    Jangan Robek Segel Garansi

Meskipun laptop yang dibeli telah resmi 100% menjadi milik anda, satu hal yang perlu anda ingat adalah

“ Jangan merobek segel garansi laptop “

Segel biasanya terdapat pada bagian bawah laptop, masa berlaku garansi biasanya 1 tahun kecuali Asus yang menjadi satu satunya merk dengan garansi 2 tahun.

Kita tidak pernah tahu jika mungkin saja dua minggu yang akan datang laptop anda mengalami kerusakan.

Selama masih dalam masa garansi, anda bisa mendapatkan layanan perbaikan gratis di dealer service resmi laptop anda “ syarat dan ketentuan berlaku”.

17.    Rutin Membersihkan Layar Laptop

Pastinya saat menonton video di laptop kita menginkan tampilan gambar yang jernih. untuk itu selain menginstall driver VGA yang kompatibel anda juga harus rajin setidaknya sekali seminggu membersihkan layar laptop anda.

Cara membersihkan layar laptop yang benar bagaimana..?

Membersihkan layar laptop sebenarnya tidak memerlukan banyak peralatan khusus, cukup kain gunakan mikrofiber yang agak lembap.

Mengingat air dan listrik tidak boleh dipertemukan, pastikan bahwa laptop Anda tidak tersambung ke sumber listrik dan dalam keadaan mati.

Dengan sedikit air, basahi kainnya, bukan layarnya langsung! Peras, lalu perlahan-lahan gunakan kain tersebut untuk menyeka noda yang menempel.

Kalau Anda masih ragu-ragu, cek buku manualnya atau konsultasikan dengan toko tempat Anda membeli laptop tersebut. Beberapa toko juga menjual produk khusus membersihkan LCD laptop yang dapat Anda coba, Sumber

18.    Jangan Mengoperasikan Laptop Sambil Mengisi Daya


Idealnya, baterai laptop akan terasa mengalami penurunan daya simpan se setelah setahun penggunaan.

Tapi hal tersebut bisa jadi lebih cepat jika anda mengoperasikan laptop sambil mengisi daya, meski indicator bateri telah terisi penuh secara terus menerus.

Agar lebih awet, baterai laptop sebaiknya diisi setelah persentasenya berkisar 10-15 persen, karena kondisi baterai yang hanya tinggal 10-15 % daya serap dayanya sangat bagus. Sedangkan angka diatas 60-80% menurut salah satu engginer Lenovo seperti memberi makan orang yang sudah kenyang (percuma), sedangkan yang mengisi daya setelah laptop mati seperti memberi makan orang mati (percuma juga).

19.    Simpan Laptop Di tempat Yang Tepat Dan Aman

Simpan Laptop Anda pada tempat yang tidak lembab dan usahakan simpan dalam tas laptop untuk menghindari casing Laptop Anda baret.

Selain itu, hindari Laptop dari pancaran sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat Laptop Anda panas dan akan mengakibatkan beberapa komponen luar yang terbuat dari karet akan mengeras dan membuat casing Anda memudar warnanya.

Penting untuk anda ingat..jangan biarkan laptop anda diteras rumah semaleman..!!!

BAHAYA…..

20.    Sekali Sebulan Luangkan Waktu Membersihkan Saluran Udara Laptop

Punya sikat gigi bekas dirumah..?

Jika iya, simpanlah satu untuk anda gunakan membersihkan saluran udara laptop agar debu dan kotoran lain tidak menempel dan menghambat aliran udara panas yang berasal dari aktifitas CPU.

Share Jika Artikel ini bermanfaat.....!!!!

Subscribe to receive free email updates: