Apakah Grand Neo GT-i9060 Masih Layak Digunakan Ditahun 2017


Samsung Grand Neo GT-i9060 yang diluncurkan pada bulan februari tahun 2014 silam merupakan idola  bagi pecinta gadget tanah air sama seperti Samsung Galaxy Grand Duos GT i9082.

Tidak heran memang, waktu itu smartphone seri galaxy ini memiliki semua syarat untuk menjadi gadget android idaman baik itu dari segi spesifikasi hardware dan software.

Setelah 3 tahun berlalu, smartphone android seri ini sudah tidak kita jumpai lagi ditoko-toko smartphone tapi akan banyak kita dapatkan diforum jual beli online dengan kondisi bekas (Second).

Jika anda menjadi salah satu orang yang berminat untuk memiliki smartphone seri ini, informasi seputar Grand Neo GT-i9060  dalam artikel ini wajib anda ketahui.

Mengapa..?

Tujuannya tidak lain agar anda tidak menyesali keputusan yang anda ambil nantinya baik itu membeli atau tidak membeli. Untuk memulai pembahasan kita tentang Samsung Grand Neo GT-i9060  akan kita awali dengan melihat spesifikasi hardware yang ada didalamnya.

Spesifikasi Hardware

Dari segi ukuran layar, Samsung Galaxy Grand Neo GT-i9060  memiliki ukuran yang ideal dengan layar 5 inch tapi tetap terlihat agak lebar karena bezel yang cukup tebal dengan perbandingan bodi dengan layar sekitar 65%. Teknologi layar yang digunakan masih TFT dengan resolusi 400 x800 WVGA dan kerapatan 198 PPI.

CPU yang digunakan ARM Cortex A7 empat inti (Quad Core) dengan kecepatan 1,2 GHz ditunjang dengan RAM 1 GB. Untuk urusan tampilan layar, smartphone ini menggunakan VGA Broadcom  Videocore dengan shared memori sehingga RAM yang tersisa untuk menjalankan system hanya 800 MB.

Salah satu keunggulan dari Samsung Grand Neo GT-i9060  ada pada sisi ruang penyimpanan yang cukup luas, dimana terdapat 16 GB tidak opsi lain. Memori internal yang nantinya akan tersisa sekitar 10 GB untuk menyimpan file-file penting anda seperti Gambar , video, maupun file MP3. Terdapat juga slot memori eksternal dengan tipe Micro SD dengan kapasitas maksimal hingga 64 GB.

Memori yang 6 GB akan digunakan untuk keperluan system operasi dan aplikasi. Setidaknya untuk keperluan system akan menghabiskan  ruang 4 GB. Sedangkan 2 GB untuk digunakan untuk aplikasi bawaan system (Bloatware) baik itu aplikasi bawaan Samsung maupun dari Google seperti Google Maps, Youtube, Gmail, dll. Kebutuhan ruang penyimpanan akan semakin banyak apabila anda rutin melakukan pembaruan perangkat lunak aplikasi.

Dari segi kamera, Samsung Grand Neo GT-i9060  dibekali dengan kamera primer (belakang) 8 MP dengan Blitz. Mampu merekam video dengan kualitas HD (720 P) dengan frame rate 30 FPS. Untuk kamera depannya menggunakan kamera VGA.

Dukungan Software

Samsung Grand Neo GT-i9060  menjalankan system operasi Jelly Bean versi 4.2.2. Sampai saat ini belum ada pembaruan perangkat lunak system terbaru dari Samsung sehingga dapat mimin simpulkan Grand Neo GT-i9060  bakalan mentok menggunakan Jelly Bean.

Harga Baru Dan Bekas

Seperti yang mimin jelaskan diawal tadi kita tidak akan menemukan perangkat Samsung Grand Neo GT-i9060  baru dijual di toko smartphone karena sudah tidak diproduksi lagi.

Untuk harga bekasnya seperti yang mimin temukan di forum jual beli facebook kisaran harganya mentok paling tinggi Rp.700.000 dengan syarat hape dalam kondisi super mulus dan lengkap.

Bahan Pertimbangan  Anda

 Sebagai bahan pertimbangan anda sebelum memutuskan membeli atau tidak produk hape Samsung Grand Neo GT-i9060 , ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan anda baik itu dari segi Hardware dan Software.

1. Segi Hardware
Komponen hardware yang perlu untuk disorot terkait layak tidaknya Samsung Grand Neo GT-i9060  digunakan ditahu 2017 ini ada pada memori RAM yang hanya 1 GB. Angka tersebut belum dikurangi VGA Broadcom Videocore yang menghabiskan memori sekitar 200 MB.

Dalam kondisi ideal system akan mengkonsumsi sekitar setengah (400 MB) dari total 800 MB memori yang ada sehingga hanya tersedia 400 MB memori yang akan anda kelola dan maksimalkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang anda install.

Tantangannya ada pada anda apabila anda setuju untuk membeli Samsung Grand Neo GT-i9060  sebagai smartphone untuk kebutuhan sehari hari. Seperti yang kita tahu, kebutuhan memori aplikasi baru saat ini semakin tinggi terutama aplikasi sosial media seperti facebook.

Aplikasi facebook memakan memori sekitar 150 MB sedangkan facebook Masengger juga sama rakusnya yakni kisaran 150 MB. Hanya dengan menginstall dua aplikasi tersebut pada Samsung Galaxy Grand Neo anda hanya akan menyisakan sekitar 100 MB memori RAM sehingga bisa dipastikan hape akan hang atau lag saat menjalankan aplikasi lain.

2. Segi Software
Dari segi dukungan software, system operasi android jelly bean memiliki banyak kekurangan seperti masih menggunakan Dalvik sebagai emulatornya.

Sebagai informasi Dalvik telah digantikan ART  yang diklaim google 4 kali lebih cepat dibanding Dalvik semenjak dirilisnya Android v.5 Lollipop.

Selanjutnya yang menjadi sorotan mimin pada segi manajemen baterai yang kurang maksimal. Pada android terbaru sudah ada Doze yang akan menghemat penggunaan daya tidak perlu secara otomatis.

Sebenarnya anda juga bisa menjalankan system operasi android versi terbaru dengan menginstall Custom Rom seperti Cyanogen yang sekarang sudah tersedia untuk beragam perangkat.

Tetapi custom rom dikenal memiliki banyak kekurangan (BUG) dan beberapa hardware tidak berfungsi dengan baik (malahan tidak berfungsi sama sekali).


Kesimpulan

Apabila anda sudah sudah terlanjur membeli perangkat Samsung Grand Neo GT-i9060 ada baiknya anda menjalankan tips berikut agar kebutuhan komunikasi anda dengan hape ini lancar.
  1. Jangan terlalu sering menjalankan update aplikasi bawaan system (bloatware) terutama bawaan google yang jarangan anda gunakan . tujuannya agar ruang penyimpanan internal anda tidak cepat penuh karena data aplikasi untuk aplikasi-aplikasi ini semakin besar setelah diupdate.
  2. Gunakan aplikasi hemat data dan memori RAM untuk menunjang aktifitas bersosial media anda seperti menginstall aplikasi Lite untuk Facebook, Mesengger, Line. Agar lebih hemat lagi dalam penggunaan memori RAM, maksimalkan penggunaan browser hemat data dan RAM seperti dengan mengunakan Opera Mini untuk segala aktifitas internet anda.
  3. Agar anda dapat menikmati kencangnya jaringan internet 4G (kalau mau sih,,karena jaringan HSPA juga kencang) anda bisa membeli MIFI yang sudah mendukung jaringan internet 4G. 

Baca juga :
Cara Menikmati Jaringan 4G pada Smartphone Android 3G.

Itulah ulasan mimin tentang Samsung Grand Neo GT-i9060  yang masih cukup diminati ditahun 2017 ini. Semoga ulasan singkat mimin ini bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apakah Grand Neo GT-i9060 Masih Layak Digunakan Ditahun 2017"

Post a Comment