Kalau Local Disk C Komputer Anda Cepat Penuh..? Atasi Dengan 6 Cara Ini


Semakin sedikit ruang kosong pada Local Disk C bisa menyebabkan penurunan performa laptop, kalau tidak percaya silahkan dicoba.

Oleh sebab itu penting bagi anda untuk selalu mengontrol ketersediaan ruang kosong pada Local Disk C komputer anda. Terkait dengan hal tersebut mimin pada artikel kali ini akan memberikan 7 tips mengatasi Local Disk C supaya tidak cepat penuh.

1.    Perbesar Partisi Untuk Local Disk C

Point pertama ini harus anda rencanakan dari awal karena tidak bisa kita mengubah ukuran partisi Local Disk C dalam kondisi windows telah terinstall.

Untuk itu, sebelum melakukan install ulang, lakukan perencaan terlebih dahulu berapa ukuran Local Disk C pada laptop anda. Idealnya menurut mimin ukuran Local Disk C maksimalnya 100 GB.
Alasannya adalah selain sebagai tempat menginstall aplikasi yang rutin guna menunjang kerjaan seperti Ms.Office, Photoshop, Browser internet, aplikasi chating dll. Mimin juga menginstall beberapa judul game yang membutuhkan ruang penyimpanan cukup banyak.

Pertimbangan mimin memilih angka 100 GB karena ditunjang oleh harddisk laptop mimin 500 GB, sehingga masih ada 400 GB sebagai local disk D untuk menyimpan file-file penting mimin seperti : Film, Musik, Dokumen dan Gambar.

Apabila anda menggunakan laptop atau computer dengan ukuran harddisk yang lebih kecil misalnya 350 GB, angka 75 GB adalah ukuran yang ideal.

2.    Gunakan Tipe Windows Yang Tepat

System operasi ada dua tipe yakni 32 dan 64 bit. Keduanya membutuhkan spesifikasi hardware yang berbeda agar dapat berjalan dengan optimal seperti : memory RAM dan Kebutuhan Ruang Penyimpanan.

Windows tipe 32 bit direkomendasikan berjalan pada komputer dengan RAM 2 GB agar bisa berjalan dengan lancar (Windows 10) sedangkan Windows 64 bit agar dapat berjalan dengan baik dianjurkan berjalan pada komputer dengan RAM minimal 4 GB.

Selain RAM, jumlah ruang kosong pada harddisk juga beda. Windows 32 bit memerlukan ruang kosong 16 GB dan tipe 64 bit 20 GB (belum termasuk aplikasi tambahan), sumber : kompas.com.
Dengan kondisi diatas, perhitungkan kapasitas harddisk anda sebelum memilih tipe OS yang akan anda install agar ada ruang untuk aplikasi lain yang rencanakan akan anda gunakan.

3.    Install Aplikasi Yang Diperlukan Saja

Kita seringkali kebablasan menginstall aplikasi pada komputer yang terkadang aplikasi-aplikasi tersebut tidak kita perlukan sama sekali. Kerap kali mimin lihat teman yang didalam laptopnya ada banyak program pemutar media. Ada VLC, Media Player Clasic, Jet Audio, Windows Media Player, dll.

Padahal cukup dengan Windows Media Player atau VLC sudah cukup untuk memainkan beragam tipe file multimedia popular saat ini.

Apabila ada masalah dengan pemutar media seperti : kurang lancar dalam memainkan video dengan resolusi HD (720P), anda bisa menerapkan panduan berikut.

4.    Pindahkan File Hasil Download Ke Local Disk D

Defaultnya..file yang telah didownload menggunakan browser atau memanfaatkan program download manager seperti IDM akan tersimpan di Local Disk C tepatnya di folder download.
Terkadang kita lupa memindahkan file hasil download tersebut sehingga menyebabkan Local Disk C yang seharusnya khusus untuk system dibebani untuk menyimpan video, gambar, dan mp3 hasil download.

Supaya Local Disk C tidak cepat penuh, setelah proses download selesai segera pindahkan file-file tersebut ke partisi yang lain. Selain melegakan ruang kosong Local Disk C, tindakan ini menghilangkan resiko kehilangan file tersebut bila harus install ulang.

5.    Rutin Bersihkan File Sampah

Segala aktifitas system pada komputer menyisakan sampah digital yang bila dibiarkan akan menumpuk dan mengurangi ruang kosong dalam harddisk.

File-file sampah dapat berupa Temporary Files, Temporary Internet Files dan Thumbnails. File-file ini sulit untuk dicek secara manual sehingga untuk membersihkannya kita memerlukan program khusus, baik itu bawaan windows maupun aplikasi pihak ketiga seperti ccleaner.

Membersihkan file sampah dari Local Disk C menggunakan aplikasi bawaan windows ( Disk Clean Up) dapat dilakukan dengan cara : Klik kanan pada Local Disk C / Poperties / Disk Clean Up kemudian klik tombol OK.

Sedangkan menggunakan CCleaner caranya : Jalankan aplikasi Ccleaner / Tools / Drive Wiper. Centang pada partisi yang akan dibersihkan secara mendalam, Setelah itu tinggal klik Wipe, prosesnya akan sedikit lama tapi bersihnya total.

6.    Gunakan Program Portable

Program portable adalah program yang tidak perlu untuk diinstall didalam system dan bisa dijalankan langsung tanpa install.

Program seperti ini banyak ditemukan pada game yang terkadang memerlukan banyak ruang penyimpanan Local Disk C. Setelah dirubah menjadi portable kita bisa menjalankan game tersebut bisa disimpan di locak disk D, harddisk eksternal maupun flashdisk.

Bagi anda yang ingin mencoba bagaimana mengubah program yang membutuhkan ruang pada local disk c silahkan baca panduan lengkapnya di software-usang.blogspot.com.

Itulah 6 cara mengatasi Local Disk C yang cepat penuh pada windows sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Bagaimana...? apakah anda punya solusi yang lebih bagus...?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalau Local Disk C Komputer Anda Cepat Penuh..? Atasi Dengan 6 Cara Ini"

Post a Comment