Harus Tau...10 Kelebihan dan Kekurangan Asus X452E


Asus X452e
Laptop dengan harga ramah kantong menjadi incaran para pengguna laptop tanah air. Meskipun pada ahirnya banyak pengguna yang kecewa karena performa yang diberikan laptop dengan banderol harga murah tidak sesuai dengan ekspektasi .

Agar anda tidak kecewa dikemudian hari, anda sebaiknya memperbanyak informasi dengan membaca Review-Review seputar laptop incaran yang sesuai dengan budget sebelum memutuskan membeli sebuah produk laptop.

Khusus bagi anda yang hanya memiliki danan 3 jutaan, pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan ulasan salah satu produk laptop murah dari Asus.

Asus X452E yang merupakan salah satu varian dari Laptop seri X Asus bisa menjadi salah satu laptop yang masuk daftar belanja anda.

Mengapa...?

Cari tahu sendiri dengan membaca ulasan berikut...!

Yuk simak ulasannya berikut yang dimulai dari spesifikasi hardware dari Laptop Murah Asus X452E.

Spesifikasi Hardware

•    CPU :  AMD Dual Core E1-2500
•    Sistem Operasi : Free DOS
•    Memory RAM : DRR3 2 GB
•    Kapasitas Harddisk 500GB 5400 RPM
•    Tampilan Layar 14.0″ 16:9 HD (1366×768) LED Backlight Glare panel
•    DVD-Super Multi DL drive
•    GPU : AMD Radeon™ HD 8240
•    Jaringan Nirkabel : WiFi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth™ V4.0, 2x USB 3.0
•    Input : HD Webcam, card reader
•    Kapasitas Baterai :  4-cell Li-ion battery
•    Dimensions 33.9 x 23.9 x 2.1 cm (WxDxH)
•    Berat :  1.8 kg

Kelebihan

  1. Konekfitas lengkap dengan adanya Bluetooth v.4.0 yang akan membuat transfer file dari Smarphone Android atau sebaliknya menjadi lebih cepat dan mudah ;
  2. Kapasitas ruang penyimpanan luas yang mampu menampung 400 lebih Film dengan kualitas HD dan puluhan ribu file MP3;
  3. Manajemen daya yang baik berkat CPU AMD E1-2500 yang hemat daya, dengan ini laptop Asus X452E dapat anda gunakan cukup lama untuk bekerja diluar ruangan tanpa takut daya baterai cepat habis ;
  4. Sangat baik dalam memainkan video dengan resolusi HD (720 P) ;
  5. Komponen input lengkap berupa Webcam yang mampu mengambil gambar dengan kualitas HD untuk keperluan komunikasi via Videocall via Facebook, Hangout, Skype dll ;
  6. Proses transfer file dari flashdisk lebih 10 kali lebih cepat karena memiliki 2 port USB 3.0, selain itu apabila melakukan instalasi Windows dengan Flashdisk proses install menjadi lebih cepat (sekitar 20 menit)

Kekurangan

  1. Kurang bertenaga dalam melakukan aktifitas yang terlalu banyak memakan resource (CPU dan GPU) seperti bermain game, edit foto dengan Program Adobe Photoshop terbaru karena prosesornya disetting agar lebih hemat dalam penggunaan daya ;
  2. Kapasitas memori RAM yang standard yang mengharuskan anda untuk upgrade RAM apabila anda berniat untuk menjalankan OS terbaru seperti Windows 10 yang kita tahu memiliki tampilan animasi banyak memakan memori ;
  3. Meskipun dilengkapi dengan Touchpad yang lebih luas, kenyataannya banyak pengguna yang mengeluhkan kinerja dari Touchpad pada laptop ini yang dirasa terlalu sensitive.
  4. Kurang tangguh diajak multitasking karena keterbatasan RAM yang hanya tersedia 1,7 GB karena 256 MB digunakan untuk VGA. Tips untuk anda, hindari menggunakan aplikasi yang memakan memori terlalu banyak seperti Browser Google Chrome atau UC Browser.

Fitur Unggulan

  1. Audio Sonic Master yang akan menghasilkan kualitas suara yang jernih saat memainkan konten multimedia seperti MP3 dan Video ;
  2. Ada layanan Asus Cloud Storage yang memberikan anda akses penyimpanan file secara online gratis. Dengan fitur ini anda dapat mengupload file berharga anda seperti foto, video maupun dokumen kerja anda secara aman. Pada saat file-file tersebut anda butuhkan, anda bisa mengakses langsung menggunakan komputer lain atau smartphone android anda ;
  3. Teknologi Instant On Asus membuat laptop langsung menyala dalam waktu 2 detik, teknologi ini akan menghemat waktu anda dalam bekerja, apalagi bagi anda yang sering sedang dikejar Deadline tugas kantor ;
  4. Teknologi Ice Cool yang akan menekan panas yang dihasilkan dari aktifitas CPU sehingga laptop cepat dingin dan terhindar dari Overheat.

Dukungan Perangkat Lunak

Laptop Asus X452E dilepas kepasaran dalam kondisi kosongan (tanpa Windows). Seperti keterangan dari pihak Asus sendiri, laptop ini didesain untuk system operasi Windows 7 maupun 8 edisi Home Edition arsitektur 32 bit (x86).

Penggunaan system operasi selain dari yang direkomendasikan semisal Linux Ubuntu akan menyebabkan performa laptop menjadi yang kurang maksimal karena fitur-fiturnya eksklusif hanya bisa berjalan pada system operasi Windows.

Bagaimana dengan kondisi jika Laptop Asus X452E diinstall dengan OS Windows rekomendasi tapi arsitektur lebih tinggi seperti Windows 7/8 x64 ..?

Seperti kebanyakan kasus laptop spek rendah lain, menjalankan windows 64 bit pada laptop dengan RAM 2 GB dapat menyebabkan loading  dan kecepatan laptop dalam menjalankan aplikasi menjadi lamban.

Untuk itu saat anda yang berencana menginstall Windows 64 bit, dianjurkan untuk melakukan Upgrade RAM menimal 4 GB.

Dalam paket pembeliannya, laptop ini dibekali dengan DVD driver yang support untuk Windows 7 32 dan 64 bit.

Sedangkan untuk system operasi versi terbaru semisal Windows 8 dan 10 dapat anda download drivernya secara manual disitus dukungan perangkat lunak Asus.

Harga Baru dan Bekas

Laptop Asus X452E dipasaran dibanderol dengan harga Rp.3.800.000 dengan kelengkapan pembelian seperti Tas, Charger, Buku panduan penggunaan dan DVD Driver.

Sedangkan untuk harga bekas, seperti yang didapatkan disitus OLX berkisar Rp.2.500.000 tergantung kondisi dan kelengkapan laptop.

Game Yang Bisa Dimainkan

Menggunakan laptop dengan harga tiga jutaan untuk memainkan game dengan kebutuhan grafis tinggi bukanlah tindakan yang bijak dilakukan.

Dengan spesifikasi untuk keperluan komputasi harian, laptop ini akan ngos-ngosan apabila anda paksakan untuk memainkan game dengan kualitas HD.

Tapi bukan berarti laptop tidak bisa digunakan untuk senang senang, karena dari beberapa pengujian Laptop Asus X452E bisa dengan lancar menjalankan Game PES 2012 (dengan settingan yang disesuaikan).

Bagaimana dengan PES versi terbaru seperti PES 2017 tapi dengan Upgrade RAM maksimal misalnya 6-8 GB..?

Jadi begini...

Baik tidaknya performa laptop dalam memainkan game tidak hanya dipengaruhi oleh RAM, tapi juga CPU dan GPU.

PES 2017 standar minimumnya sudah dinaikkan menjadi CPU sekelas Intel Core 2 Duo, VGA 512 MB yang artinya terlalu tinggi untuk dijalankan oleh Asus X452E.

Kesimpulan

Dari penjelasan lengkap Asus X452E diatas dapat disimpulkan jika laptop ini sangat pas bagi anda yang sedang mencari laptop untuk menunjang aktifitas komputasi harian anda.

Demikian informasi Laptop Asus X452E kali ini, semoga bisa menjadi referensi anda sebelum membeli laptop.

Baca juga Review Lenovo G405 AMD E2100.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Harus Tau...10 Kelebihan dan Kekurangan Asus X452E "

Post a Comment