Blog Tekno Yang Bikin Pintar

Kelebihan dan Kekurangan Notebook Asus X453MA

Artikel terkait : Kelebihan dan Kekurangan Notebook Asus X453MA


asus x453ma
Laptop dengan harga murah selalu menjadi magnet konsumen tanah air. Tidak heran jika permintaan untuk laptop dengan banderol harga 3 jutaan selalu laris manis.

Namun bagi konsumen yang sudah faham seluk beluk laptop, harga sedemikian murah tentunya mengindikasikan ada sesuatu yang dihilangkan, entah itu spek atau fitur.

Salah satu laptop tiga jutaan yang banyak dicari saat ini adalah Asus X453MA. Dibanderol dengan harga yang sangat dijangkau semua kalangan, permintaan akan laptop ini tetap tinggi.

Laptop Asus seri X ini adalah kelanjutan dari strategi dagang Asus untuk menguasai pasar laptop tanah air, caranya dengan memberikan beragam pilihan produk laptop sesuai kebutuhan dan kemampuan dukungan dana.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini mimin akan review laptop Asus X453MA. Seperti yang mimin jelaskan tadi, dengan banderol harga yang murah apakah laptop ini bisa memberikan performa yang diharapkan.

Silahkan lanjutkan membaca untuk mengetahui hasilnya sendiri...
Lets Drive in..

Spesifikasi

  • CPU : Intel Celeron N2840 2,4 GHz ( bisa ditingkatkan lagi hingga 2,8 GHz berkat teknologi Turbo Bost dari Intel );
  • GPU : Intel HD Graphics dengan 200 MB Shared Memory ;
  • Memori RAM : 2 GB DDR3L (dapat diupgrade hingga 8 GB) ;
  • Harddisk : 500 GB SATA 5400 RPM (dapat diupgrade menggunakan SSD ukuran 2,5”) ;
  • Tampilan Layar : 14 inch TFT LED dengan Resolusi HD 1366x768
  • Konektifitias : Wifi, LAN, Bluetooth v.40
  • Input : 1 Port USB 3.0, 2 Port USB 2.0 , 1 Port HDMI, 1 Port VGA,  Port Audio 3,5 mm, Card Reader, DVD Drive ;
  • Garansi : 2 Tahun

Fitur Unggulan

  1. Teknologi Audio Sonic Master yang akan menghasilkan suara kualitas tinggi pada saat digunakan memainkan konten multimedia baik itu audio dan video ;
  2. HD Webcam dengan resolusi 1 MP yang akan menghasilkan gambar yang lebih halus. Cocok digunakan untuk komunikasi Videocall menggunakan aplikasi Facebook, Google Hangout maupun Skype.
  3. Teknologi Ice Cool system untuk mendinginkan laptop dengan cepat pada saat menjalankan aplikasi berat sehingga laptop terhindar dari Overheat ;
  4. Teknologi Instant On untuk mempercepat proses Booting laptop. Teknologi ini diklaim Asus dapat membantu laptop hidup hanya dalam waktu 3 detik setelah menekan tombol power ;
  5. Fasilitas Asus Cloud Storage yang memberikan anda akses ruang penyimpanan online gratis. Fitur ini dapat anda manfaatkan sebagai back up data penting anda seperti Gambar atau dokumen. Pada saat akan digunakan kembali, file yang telah anda upload dapat anda unduh langsung dari perangkat android anda baik itu Tablet atau Smartphone ;
  6. Touchpad dengan teknologi Smart Gesture yang memberikan kemudahan dalam mengoperasikan laptop

Kelebihan

  1. Desain bodi cantik dan menarik meskipun terlihat memiliki model yang relative sama dengan Laptop Asus edisi yang lain ;
  2. Tersedia dalam 4 pilihan warna yang menarik yakni : Hitam, Putih, Pink dan Biru ;
  3. Desain keyboard yang nyaman dan argonomis sehingga enak digunakan pada saat bekerja menggungkan aplikasi Office seperti MS.Word dan Excel.
  4. Dukungan konektifitas lengkap seperti adanya Bluetooth v.4.0 yang akan memudahkan anda menyalin file dari smartphone android anda kelaptop atau sebaliknya.

Kekurangan

  1. Manajemen panas kurang optimal meskipun sudah menggunakan teknologi Ice Cool Asus yang konon katanya dapat menekan panas hingga 40%. Tapi dari beberapa pengalaman pengguna yang dishare di forum id.priceprice.com, setelah penggunaan beberapa jam saja panas yang dihasilkan bisa mencapai 60-70 derajat Celcius.
  2. Kurang bertenaga untuk menjalankan aplikasi yang agak lumayan menguras resource CPU semisal game. Bahkan untuk aplikasi sekelas Ms.Office 2013 loading agak sedikit lama.
  3. Untuk mendapatkan performa yang optimal opsi upgrade menjadi pertimbangan serius, karena upgrade RAM maupun Harddisk butuh biaya yang lumayan. Estimasi biaya akan dijelaskan nanti.

Dukungan Perangkat Lunak Sistem dan Driver Terbaru

Laptop Asus X453MA dilepas kepasaran dalam kondisi kosongan (tanpa OS). Anda bisa menjalankan system operasi terbaru seperti Windows 8.1 atau Windows 10 Home Premium x64 maupun x86.

Dari pihak Asus sendiri laptop ini direkomendasikan untuk menjalankan OS Windows 8.1 dan windows 10 dengan arsitektur 64 bit, karena dukungan driver yang ada pada DVD driver yang disertakan pada tiap paket pembelian hanya mendukung OS tipe tersebut.

Untuk anda yang berencana menjalankan OS lebih x86, masalah ini bisa anda akali dengan menggunakan Program pendeteksi otomatis seperti Driver Pack Solution terbaru.

Anda juga bisa mengunduh driver secara manual disitus resmi Asus yang tersedia untuk system operasi Windows yang didukung.

Bagaimana dengan OS selain Windows seperti Linux..?

Pihak Asus tidak merekomendasikan penggunaan system operasi selain Windows karena fitur unggulan Asus seperti Audio Sonic Master, Ice Cool system hanya dapat berjalan pada OS Windows.

Game Yang Bisa Dimainkan

Bila digunakan untuk bermain game, Asus X453MA kemampuannya sangat terbatas. Namun tidak perlu berkecil hati karena ada beberapa judul game popular yang dapat dimainkan dengan catatan resolusi dan grafis game mesti diturunkan.

Call of Duty 2, PES 2012, Age of Empire 3 adalah beberapa judul game yang mimin maksud. Untuk menunjang Aktifitas gaming anda menjadi lebih baik, dianjurkan untuk upgrade RAM minimal 4 GB, meskipun maksimalnya laptop ini bisa diupgrade hingga 8 GB.

Menurut informasi yang mimin kutip dari Tomshardware.com, upgrade ruang penyimpanan dari Harddisk SATA ke SSD ukuran 2,5 inch dapat membantu meningkatkan performa gaming Asus X453MA secara signifikan.

Perlu untuk diingat, upgrade RAM dan Harddisk menjadi SSD artinya ada biaya tambahan yang harus anda keluarkan.

Untuk menjadi bahan pertimbangan anda, berikut estimasi biaya yang harus disiapkan apabila ingin Upgrade RAM dan Harddisk yang harganya mimin kutip dari Lazada.

Sebagai informasi, harga RAM DDR3L 10600 dengan merk V-Gen 4 GB dibanderol dengan harga Rp.445.000. sedangkan SSD V-Gen SSD SATA 3 120 GB dibanderol dengan harga Rp.750.000. Bila dikalkulasikan maka biaya tambahan yang harus anda keluarkan sekitar Rp.1.195.000, lumayan bukan..?

Jika estimasi biaya upgrade yang telah mimin jelaskan diatas dirasa terlalu mahal, anda bisa mengkalinya dengan menginstall system operasi Windows 10 yang mana OS tersebut memiliki pasar aplikasi yang berisi banyak game kualitas Mobile yang pasti sebagian besarnya dapat dijalankan dengan lancar tanpa memerlukan spek yang terlalu tinggi.

Harga Baru dan Second

Laptop Asus X453MA dibanderol dengan harga Rp.3.800.000 di Lazada, sedangkan untuk harga Second yang mimin dapatkan dari situs Bukalapak.com, harganya berkisar Rp.2.500.000 dengan kondisi 95% baik.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan laptop ini bukanlah pilihan terbaik bagi anda yang hobi maen game dengan laptop karena spesifikasi dan performa laptop tidak mendukung samasekali.

Sedangkan bagi anda yang ikhlas menerima segala kekurangan tersebut karena aktifitas komputasi yang dijalankan sebatas browsing dan mengolah dokumen dengan aplikasi Ms.Office kemampuan laptop ini boleh dibilang cukup.

Artikel Rekomendasi

Jika laptop Asus X453MA  tidak menarik, anda bisa membaca beberapa review laptop lain seperti : Review Asus X452E atau Lenovo G405 AMD E2100.

Artikel mykiosdriver.net Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 mykiosdriver.net | Design by Bamz