Blog Seputar Driver Komputer dan Teknologi

10 Program Cek Harddisk Terbaik, Nomor 10 Paling Efektive

Artikel terkait : 10 Program Cek Harddisk Terbaik, Nomor 10 Paling Efektive

10 Program Yang Efektive Untuk Mengecek Kondisi Harddisk Internal Maupun Eksternal - Apabila anda berencana membeli laptop second, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek kondisi harddisknya terlebih dahulu. Berapa kapasitasnya, apakah kondisinya masih bagus atau tidak, sudah rusak (mengalami bad sector) atau masih mulus.

Alasan mengapa harddisk menjadi komponen pertama yang harus anda cek kondisinya adalah : karena pada harddisklah system operasi windows beserta file-file anda nantinya tersimpan. Apabila kondisi harddisk sudah banyak mengalami Bad Sector, maka laptop tersebut performanya pasti akan lambat.

Lalu bagaimana cara memeriksa kondisi harddisk masih bagus (layak digunakan) atau tidak…?

Ada banyak cara untuk mengecek kesehatan sebuah harddisk, baik itu harddisk internal maupun harddisk eksternal. Anda bisa menggunakan tool yang sudah ada pada windows maupun menggunakan software khusus yang dapat melakukan scan secara mendalam pada harddisk, sehingga hasilnya dapat langsung diketahui dalam waktu beberapa menit saja.

Yang jelas kita tidak bisa menyimpulkan apakah harddisk itu baik atau tidak hanya dengan melihat kondisi fisiknya saja. Bisa saja harddisk yang dari tampilan luarnya mulus, ternyata setelah dibeli file yang sudah anda copy hilang semua.

harddisk

Mengetahui Kapasitas Harddisk

Untuk mengetahui merk dan kapasitas pada harddisk anda bisa melihat sticker yang menempel pada body laptop. Sticker pada laptop biasanya berisi informasi hardware utama seperti CPU, RAM, Harddisk, DVD RW, VGA dll. Sehingga hanya dengan melihat sticker anda sudah dapat mengetahui berapa daya tampung harddisk pada laptop.

sticker laptop
Selain dengan melihat sticker anda juga dapat dengan mudah mengetahui kapasitas harddisk laptop jika laptop yang rencananya akan anda beli tidak memiliki sticker informasi hardware yang tertempel pada body.

Anda bisa menggunakan informasi yang diberikan Device Manager dengan cara masuk Device Manager / Disk Drive / Properties. Pada menu Volume klik tombol Populate yang ditunjukkan oleh tanda nomor 2 gambar dibawah ini, sehingga akan ditampilkan kapasitas penyimpanan dari laptop tersebut.

Cek Harddiks Tanpa Software Luar

1.    Menggunakan Command Prompt ( CMD )

Untuk mengecek kondisi harddisk pada laptop menggunakan CMD, langkah pertama adalah membuka aplikasi CMD pada Windows dengan cara klik All Programs / Accessories / CMD, atau mengetik “CMD” pada kolom pencarian “ Search Programs or Files “. Klik kanan pada aplikasi CMD dan jalankan sebagai Administrator (Run As Administrator).

Setelah jendela CMD terbuka, ketikkan perintah “ chkdsk d: “ tanpa tanda petik lalu tekan ENTER. “chkdsk” adalah singkatan dari Check Disk, sedangkan “ d: “ adalah partisi yang akan kita cek. Jika harddisk masih dalam kondisi baik dan layak digunakan, akan ada pesan “  0 KB in Bad Sector “ pada layar seperti gambar berikut :

cmd

2.    Menggunakan Windows Error Checking

cek harddisk
Cara selanjutnya untuk mengecek kesehatan harddisk laptop tanpa software adalah dengan menggunakan Windows Error Checking Tool. Untuk menggunakannya, klik kanan pada partisi harddisk yang akan anda cek kondisinya lalu pilih Properties.

Klik pada menu Tool kemudian lalu pilih Error-Checking seperti yang ditunjukkan gambar, lalu klik tombol Check Now. Akan muncul Dialog Box selanjutnya dan biarkan centang pada “ Automatically fix file system errors “. Tunggu sampai proses scan selesai dan lihat hasilnya.

cek harddisk

Cek Harddisk Menggunakan Software

Hasil yang didapat dari tool yang sudah ada pada windows sebenarnya sudah cukup bagi kita mengetahui kondisi sebuah harddisk. Namun data yang diberikan oleh kedua cara diatas tidak lengkap terutama bagaimana kecepatan dalam membaca dan menulis data, apakah masih standard (misalnya 5400 RPM) atau sudah menurun.

Untuk itu, saya merekomendasikan 8 software khusus untuk mengecek kondisi harddisk dengan hasil yang lengkap serta data yang diberikan dari hasil pengecekan mudah untuk difahami.

3.    Seagate Sea Tool

Seagate Sea Tool merupakan program penguji harddrive paling popular yang digunakan oleh semua kalangan, baik itu professional maupun pengguna biasa seperti kita yang berencana ingin membeli laptop bekas.

Program Seagate Sea Tool hadir dalam dua varian yakni SeaTools for DOS yang berjalan secara independen tanpa harus diinstal tapi cukup diburning kedalam CD atau direstore ke Flashdisk dan berjalan sebagai Live CD. Program ini cocok digunakan pada saat laptop yang anda akan cek harddisknya dalam kondisi tanpa system operasi.

Lalu ada SeaTools for Windows yang terlebih dahulu diinstal kedalam system seperti program lain yang sering kita gunakan. Anda dapat melakukan beragam pengujian dasar maupun tingkat lanjut  untuk semua merk harddisk, serta dapat berjalan pada system operasi Windows XP hingga Windows 10.

4.    HDD Scan

HDD Scan merupakan tool penguji harddisk yang bersifat gratis dan tetap mendapat pembaruan dalam kurun waktu tertentu, saat ini edisi terakhir dari program HDD Scan ada pada versi 4.0. Program ini dapat menguji semua jenis media penyimpanan, baik itu Harddisk internal dan Eksternal, SSHD, SSD bahkan Flashdisk.

HDD Scan bersifat portable sehingga tidak perlu diinstal kedalam system serta mendukung beragam merk harddisk serta system operasi Windows, baik itu Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10.

5.    DiskCheckup

DiskCheckup merupakan software penguji harddisk selanjutnya yang saya rekomendasikan. Program ini bisa memberikan data yang akurat tentang berapa kecepatan putaran piringan harddisk, suhu yang dihasilkan dalam kurun waktu tertentu, mendata lokasi bad sector kemudian melakukan perbaikan secara otomatis serta kemampuan untuk melakukan pengujian yang dapat kita sesuaikan, apakah anda ingin test dasar atau secara mendalam.

Sayangnya, program DiskCheckup hanya berjalan pada harddisk dengan koneksi AHCI dan tidak berguna untuk Harddisk dengan koneksi RAID. Edisi terbaru dari DiskCheckup sudah pada versi 3.4 serta berjalan pada semua edisi system opeasi Windows.

6.    Gsmart Control

Progam cek harddisk selanjutnya adalah Gsmart Control. Software ini dapat menjalankan pengujian pada harddisk serta memberikan informasi yang detail. Hanya dengan menjalankan program ini sekali saja, anda sudah dapat menyimpulkan harddisk yang digunakan sebuah laptop layak digunakan dalam waktu lama atau tidak.

Data-data penting seperti jumlah bad sector, Suhu yang dihasilkan dari proses menulis dan membaca data, kesalahan multi-zona dan beberapa informasi lain akan ditampilkan setelah test selesai dilakukan.

Ada tiga macam pengujian harddisk yang dapat anda jalankan menggunakan aplikasi Gsmart Control yakni : Short Self Test, Extended Self Test dan Conveyance Self Test.
  1. Short Self Test membutuhkan waktu tidak kurang dari 2 menis saja untuk menyelesaikan pengujian secara mendalam pada harddisk yang telah benar-benar rusak.
  2. Extended Self Test membutuhkan waktu sekitar 70 menit guna menyelesaikan pengujian mendalam pada harddisk untuk menemukan segala bentuk kerusakan harddisk.
  3. Conveyance Self Test merupakan test dasar yang akan menemukan kerusakan pada harddisk yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih 5 menit saja.

Gsmart Control dapat sepenuhnya berjalan pada system operasi windows XP hingga Windows 10. Tersedia pula untuk system operasi Linux dan Mac OS. Program ini tersedia dalam 3 varian tipe : portable, installer dan berbentuk image yang harus anda burning kedalam CD atau Flashdisk.

7.    Windows Drive Fitness Test (WinDFT)

WinDFT merupakan program penguji kesehatan harddisk gratisan yang dapat dijalankan pada system operasi windows serta mampu mendiagnosa segala bentuk kerusakan yang ada pada harddisk internal dan Flashdisk.

Seperti namanya, Program ini hanya berjalan pada system operasi Windows saja dan tidak mampu melakukan pengujian pada media penyimpanan eksternal seperti harddisk eksternal.

8.    Samsung HUTIL

Program Samsung HUTIL atau ES Tool merupakan program penguji harddisk yang dikembangkan sendiri oleh Samsung. Sebagai informasi, Samsung tidak hanya menciptakan produk elektronik seperti Ponsel dan TV saja melainkan komponen PC seperti SSD dan RAM.

ES Tool meskipun bersifat gratis tapi tidak dapat digunakan secara bebas seperti program-program yang telah dijelaskan sebelumnya. Samsung HUTIL hanya dapat digunakan untuk melakukan pengujian segala tipe media penyimpanan dengan merk Samsung, baik itu harddisk maupun SSD.

Samsung HUTIL hadir dalam bentuk ISO yang harus anda burning kedalam CD atau merestorenya dengan aplikasi khusus seperti Universal USB Installer. Program ini cocok digunakan pada laptop dengan harddisk Samsung dan tanpa adanya system opeasi (kosongan).

9.    Western Digital Data Lifeguard Diagnstic (DLGDIAG)

Merupakan program besutan perusahaan produsen Harddisk ternama yakni Western Digital (WD). Program ini seperti halnya ES Tool tersedia dalam dua versi yakni DLFDIAG for DOS dalam bentuk file ISO yang harus anda burning ke CD namun hanya berjalan pada computer dengan harddisk merk WD. Sedangkan varian Windows Installer dapat juga digunakan untuk melakukan pengujian pada harddisk merk apa saja.

10.    HD Tune

HD Tune adalah program penguji harddisk yang berbasis system operasi windows (tidak tersedia untuk system operasi lain). Software ini dapat menjalankan pengujian secara mendalam pada harddisk dan melakukan Benchmark dengan menampilkan skor yang menunjukkan performa dari sebuah harddisk.

HD Tune dapat anda gunakan untuk melakukan pengujian pada media penyimpanan tipe apa saja baik itu Harddisk, SSHD, SSD, Micro SD dan Flashdisk.

Artikel Mykiosdriver Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik

Copyright © 2013 Mykiosdriver | Design by Bamz