Blog Seputar Driver Komputer dan Teknologi

3 Cara Unik Convert MKV ke MP4 Offline Dengan Subtitle

Artikel terkait : 3 Cara Unik Convert MKV ke MP4 Offline Dengan Subtitle

Enaknya punya TV yang mempunyai port USB itu kita bisa nonton film koleksi yang ada dilaptop dengan layar lebih lebar, kualitas audio lebih baik dan lebih santai.

Kerennya lagi, TV dengan kelengkapan port USB sudah bisa membaca hampir semua jenis file video sehingga tidak perlu dikonversi ke format video tertentu.

Sayangnya, beberapa waktu lalu saya punya masalah dengan salah satu film yang mana subtitle (terjemahan) tidak bisa tampil seperti biasa.

Setelah dicek, ternyata format videonya MKV dan subtitlenya terpisah dari file. Meskipun telah memberi nama yang sama antara file video dengan subtitle yang berformat SRT , tapi tetap saja subtitlenya tidak jua muncul.

Saya juga telah melakukan tips yang saya temukan di Kaskus, dimana video tidak perlu di convert ulang ke format lain, melainkan mempersingkat nama file saja seperti : 1.MKV dan 1.SRT lalu meletakkanya dalam satu folder yang dinamai judul film.

Tapi cara ini juga tidak berhasil, sehingga saya dapat ide untuk menkonversi  saja video tersebut menjadi format lain seperti MP4 misalnya lengkap dengan subtitlenya sekalian.

Setelah menjalani proses convert yang agak lama dengan beberapa kali Trial dan Error ,video tersebut akhirnya dapat dimainkan dengan lancar di TV lengkap dengan subtitlenya.

Untuk anda yang juga mengalami permasalahan yang sama dan ingin tahu cara dan pengaturan yang saya lakukan, yuk simak panduan lengkapnya…

Cara Simpel Convert MKV ke MP4 Offline Dengan Subtitle

vide converter
Ada banyak cara yang untuk menkonversi video dengan format Matroska (MKV) ke MP4 baik itu secara online maupun secara offline.

Secara online maksudnya, kita mengupload file yang akan kita konversi ke sebuah situs yang menyediakan jasa konversi. Jadi kita tidak perlu menginstal program di dalam computer.

Sayangnya cara ini tidaklah efektive, karena selain harus mengupload file yang ukurannya bisa sampai 1 GB, setelah proses konversi selesai file harus didownload ulang.

Sama saja buang-buang kuota internet namanya kalau begitu.

Untuk itu, saya lebih suka melakukannya secara mandiri menggunakan program yang gratisan tapi punya kemampuan layaknya program premium seperti :

•    VLC Media Player
•    Format Factory
•    HD Video Converter Factory

Link download akan saya berikan di akhir postingan.

Sebelum mulai, kita perlu mengetahui profil dari video yang kita akan konversi seperti Bitrate video, Bitrate Audio, Frame Rate Per Second (FPS), Frame Width (FW), Frame High (FH) dll. Tujuannya adalah agar video hasil kualitasnya sama dengan file semula.

Sebagai contoh, saya akan mengkonversi film Jumanji : Welcome To The Jungle dengan format MKV dan ukuran file sekitar 900 MB. Tidak lupa ada file subtitle dengan format SRT yang akan kita masukkan kedalam video.

Untuk mengetahui profil dari file yang akan kita konversi, kita butuh program Media Info yang merupakan fitur bawaan dari pemutar media K-Lite Media Player Clasic. Untuk itu, pastikan anda sudah install program tersebut di computer anda.

Cara menggunakan Media Info adalah : klik kanan pada file video yang akan dikonversi lalu pilih Media Info.

convert mkv ke mp4
Media Info
Sedangkan data yang akan ditampilkan akan tampak seperti gambar berikut :

convert mkv ke mp4

Oke, setelah anda punya pesiapan, saatnya mulai konversi video menggunakan tiga program yang telah saya sebutkan tadi.

Convert MKV ke MP4 Dengan VLC Media Player

Sebagian besar dari anda mungkin mengira VLC hanya media player biasa seperti halnya K-Lite atau Windows Media Player.

Tetapi, setelah membaca postingan ini anda pasti kaget karena VLC juga bisa digunakan untuk convert video ke video format lain seperti MP4 atau ke format lain seperti mp3.
Bagaimana caranya…?

Jalankan VLC, lalu klik menu “MEDIA” lalu pilih “CONVERT AND SAVE”.

Selanjutnya, akan tampil menu untuk menambahkan file video MKV yang akan dikonversi menjadi MP4, caranya klik tombol “ADD” lalu centang opsi “ USE SUBTITLE FILE” lalu browse file subtitle dengan format SRT.
convert mkv ke mp4
Setelah itu, klik tombol “CONVERT AND SAVE”. Selanjutnya kita diarahkan untuk mengatur kualitas video yang akan kita konversi dengan berpatokan pada informasi file asal bedasarkan informasi dari Media Info.
convert mkv ke mp4
Selanjutnya, klik format video yang anda inginkan, dalam contoh kasus ini memilih H.264 dengan format MP.4, selanjutnya klik icon kunci inggris yang ada disebelahnya lalu atur resolusi dan hal-hal lainnya dengan berpatokan pada profil video sumber.

convert mkv ke mp4
Setelah semua pengaturan anda anggap cocok, klik tombol BROWSE untuk menentukan lokasi file output, lalu klik tombol START untuk memulai konversi.

Convert MKV ke MP4 Dengan Format Factory

Jalankan program Format Factory, lalu klik format video keluaran pada menu video yang berada di sebelah kiri program.

Setelah anda mengklik format video yang anda inginkan, anda akan diminta memasukkan file yang akan dikonversi, mengatur kualitas video keluaran dan mengatur folder tempat video hasil tersimpan.


convert mkv ke mp4

Pada menu OUTPUT SETTING lakukan pengaturan Frame Rate Persecond (FPS), Frame Width, Frame High, Audio Bitrate , dll yang kita sesuaikan dengan video sumber. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :
Cari pada bagian bawah dan temukan menu “ ADDITIONAL SUBTITLE “ untuk menambahkan subtitle. Setelah semua dirasa cukup klik OK dan mulai converse.

Karena proses konversi membutuhkan waktu yang cukup lama, saya biasanya melakukannya sebelum tidur. Hebatnya Format Factory, kita bisa mengatur kondisi dimana setelah proses convert selesai sistem akan secara otomatis mematikan computer.

convert video mkv to mp4

Konversi MKV ke MP4 Dengan HD Video Converter Factory

Program yang satu ini mungkin masih terdengar asing, tapi fitur-fitur yang dimiliki lebih lengkap dan cara penggunaannya lebih mudah dibandingkan format factory.

Pada format factory, kita tidak bisa menyamakan Frame Width (FW) dan Frame High (FH) antara video hasil dan sumber karena keterbatasan pilihan yang ada di format factory.

Sebagai contoh, video yang akan dikonversi memiliki FW 1280 dan FH 534 sedangkan format factory hanya memiliki pilihan 1280x720, hal ini menyebabkan gambar pada video hasil terlihat kurang pas.
Cara menggunakan HD Video Converter Factory :

convert video mkv to mp4

Pada bagian yang saya beri tanda nomor 1 untuk menambah video, lalu nomor 2 untuk menambahkan subtitle, nomor 3 mengatur format video keluaran dan nomor 4 untuk mengatur kualitas video keluaran.

Selengkapnya tentang penggunaan menu setting (nomor 4) perhatikan gambar berikut :

convert video mkv to mp4
Frame Rate, Bit Rate dll silahkan anda sesuaikan dengan data dari Media Info, sedangkan pada Resolution dan Frame Rate dapat anda sesuaikan nilainya semau anda.

Pada bagian yang saya beri tanda kotak merah, saya menyeting video keluaran pada angka 200 agar hasilnya nanti audio dari video hasil konversi maksimal.

Klik OK untuk melanjutkan dan RUN untuk memulai konversi.

Anda tidak perlu terpaku seperti contoh yang saya berikan, lakukan ujicoba pada video dengan ukuran file dan durasi yang lebih pendek untuk latihan.

Link Download : VLC, Format Factory, HD Video Converter Factory

Artikel Mykiosdriver Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

1. Berkomentarlah Dengan Sopan
2. Ajukan Pertanyaan Yang Terkait Dengan Topik

Copyright © 2013 Mykiosdriver | Design by Bamz